Home / Artikel Haji / Islami / Jalan Menuju Ka’bah (3)

Jalan Menuju Ka’bah (3)

GrosirPerlengkapanaHaji.com Menabung berupa uang, perlengkapan haji dan souvenir haji semoga juga merupakan faktor pendukung niat untuk jalan menuju  ka’bah.

lebih dari 1001 jalan menuju ka'bah

Melanjutkan tips berbagai cara kita bisa berhaji menuju ka’bah.

4. Mewujudkan niat secara nyata.

Haji merupakan ibadah maliyah (yang menggunakan harta), sehingga mau tidak mau kita harus menyiapkan secara optimal mungkin. Entah kita termasuk orang yang mampu secara harta, orang yang biasa-biasa saja, atau orang yang tidak mampu sama sekali, harus membuktikan niatnya secara kongkrit.

Apapun sumber dan caranya, asal halal, kita harus mendapatkan biaya untuk berhaji. Cobalah anggarkan Ongkos Naik Haji (ONH) bagi yang mampu, dan menabunglah bagi yang belum mampu, serta betul-betul mementingkan agenda ini dari urusan dunia yang jelas-jelas tidak penting seperti boros jajan, merokok dll

Alhamdulillah sekarang kita memiliki begitu banyak kemudahan. Tidak seperti dulu, bank-bank syariah banyak yang membuka tabungan haji, yakni tabungan yang tidak bisa kita ambil sewaktu-waktu kecuali jika memutuskan diri jadi nasabah.

Semakin sering kita menabung, saldonya akan semakin mendekati limit untuk bisa didaftarkan ke Departemen Agama. Cara lain yang juga banyak ditempuh adalah dengan arisan Haji.

5. Kuasai Ilmu seputar haji.

Rasulullah SAW sudah memberi peringatan bahwa ibadah yang tidak didasari ilmu tidak akan diterima Allah SWT. Begitu pula ibadah haji, kita harus memiliki pemahaman yan utuh, baik dimensi fiqhnya, sejarahnya serta makna hakikinya.

Memang, setiap orang yang mau berangkat haji pasti akan menjalani manasik haji, yakni proses pemahaman serta pelatihan berhaji. Tapi, bukankah akan lebih baik jika penguasaan itu sudah kita memiliki jauh-jauh hari sebelum kita berangkat?

Dan, yang lebih penting, belajar ilmu haji menunjukkan keseriusan kita untuk memenuhi panggilanNya. Mudah-mudahan dengan keseriusan itu, Allah SWT akan mempercepat dan mempermudah kita untuk sampai ke Tanah Suci.

6. Memperbanyak doa serta mengkondisikan sekitar kita dengan hal-hal yang bisa membangkitkan semangat berhaji.

Yang tidak kalah penting untuk bisa mewujudkan cita-cita besar itu adalah berdoa setiap hari agar Allah SWT mempermudah langkah dan persiapan yang sudah kita mulai agar semakin cepat terwujud.

Begitu pula ada bagusnya membuat niat berhaji terus terpelihara dengan cara memajang gambar / foto masjidil Haram. Atau, bisa juga dengan cara memajang kalimat motivasi di meja kerja aau pintu lemari, seperti “Baitullah, tunggu kedatanganku!, Ku Tahu, Ka’bah yang kumau dan lain-lain.

Wallahu a’lam bish shawab

Sumber: Ust. Sholeh Hasyim, Majalah Suara Hidayatullah | 122007

 

Kata populer:

  • kabah
  • foto kabah

Comments

comments

Check Also

Setiap Anak Dilahirkan dalam kondisi Fitrah Suci

Ada keprihatinan yang sangat mendalam di hati kami. Begitupun dengan yakin kami sampaikan keprihatinan itu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *